Skip to main content

Developer Game Commander '85: CPU PS5 Lebih "Bersahabat" - Bonus Round: Rumor Tidak Sedap PS5


Sambil nunggu pengumuman ulang dari Sony untuk menampilkan game-game PS5, yuk kita dengerin sebentar opini developer game Commander '85 mengenai Playstation 5 (PS5).

Gamingbolt melakukan interview dengan Marcin Makaj yang merupakan developer game berjudul Commander '85, game ber-genre adventure thriller yang akan dirilis untuk konsol PS4, Xbox One, Nintendo Switch dan juga PC. Dalam interview tersebut Marcin menyebutkan bahwa ia memang belum mendapatkan akses untuk dev-kit kedua konsol next-gen (PS5 dan Xbox Series X), tapi setelah mendengarkan presentasi Mark Cerny mengenai PS5 dan juga informasi mengenai Xbox SeriesX, Marcin memiliki opini yang senada dengan developer-developer game yang lain.

Terlihat bahwa Marcin Makaj selaku pengembang game tertarik terhadap konsol next-gen, tapi memang perlu diakui PS5 dan Xbox Series X memiliki arsitektur dan pendekatan yang berbeda. CPU PS5 tidak terkunci seperti Xbox Series X dan menurut Marcin inilah yang membuat PS5 lebih fleksibel. Berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya, Marcin tidak melihat perbedaan mencolok antara PS5 dan Xbox Series X selain fleksibilitas yang diberikan CPU PS5 tersebut. Namun dalam interview tersebut ia berterus terang bahwa selama membuat game untuk PS4 dan Xbox One, performa game-nya berjalan lebih baik di PS4 dan menurutnya ini akan berlanjut di PS5.

Marcin Makaj memang bukan developer game dari perusahaan yang besar, dan the Moonwalls merupakan developer indie game. Tapi kita juga tidak bisa menganggap remeh opini beliau, Marcin tetaplah developer game profesional dan mimin yakin ia nggak hanya menjiplak pendapat developer game lain tapi berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya juga. Kalau boleh disimpulkan, pendapat Marcin terhadap PS5 mendukung pendapat developer game yang lainnya dan sekali lagi....apakah ini yang dimaksud oleh Ali Salehi bahwa membuat game di PS5 lebih mudah dari Xbox Series X? Kita juga mendengar pernyataan dari para developer yang sudah memiliki dev-kit PS5 yang berkata bahwa sebenarnya PS5 lebih 'hebat' dari Xbox Series X. 

Gameplay Commander '85

Tapi gaes, di sisi lain rumor-rumor ngak sedap tentang PS5 juga bermunculan, salah satunya seperti ini👇 (Beberapa enak didengar sih 😅wkwkw...)

- CPU and GPU Clocks aren't super stable. Expect Third Party games to be over 30+% better on Xbox ( Please, do not expect PS5 to beat Xbox performance, not gonna happen like some crazy people are saying out there ). 

 - No VRS Tier 2 or Mesh Shaders. 

 - Expect Raytracing Performance to be over 40+% better on Xbox. 

 - PS5 Design is ugly and the box is huge. :'( 

 - Console heat dissipation is amazing. Console is super quiet. 

 - DualSense is great. Haptics are great and Batery Life is incredible. - Dashboard is super impressive and revolutionary. 

 - SSD I/O Controller is super impressive. The SSD Speed is also variable. 

 - Tempest Engine is crazy good. 

 - Still targeting November 2020. 

 - Playstation Studios is bigger and better than ever was. ( Hello new studio :D ) 

 - The price is $499

Kalau pengen tahu kelanjutannya silahkan klik ini aja. Masih ada setengah lagi yang disampaikan di sana. Tapi inget, ini rumor dan tunggu kebenarannya di gamenyus.

Comments

Popular posts from this blog

GodFall - Game Pertama PS5!

OMG! Looks Awesome! Wow! My fellow gamers! Ini dia penampakan game yang bakalan muncul pertama kali buat Playstation 5 (PS5), namanya GodFall - dikembangkan oleh 'Counterplay Games' dan bakalan dipublish sama 'Gearbox' yang bikin game ' Borderlands '. Nah ini game katanya berkategori " Looter Slasher " alias sejenis game Borderlands, Destiny atau Anthem tapi bukan pakai pistol atau senjata api gitu, melainkan pedang. Wuih bakalan seru nggak ya pake pedang ⚔? So, silahken ditonton aja ya, awas ojo [bahasa Indonesia: jangan] ngiler🤤

Harga Playstation 5 (PS5) Di Indonesia Nongol!

Mengejutkan! Tiba-tiba aja ada penjual di Indonesia melalui tokopedia yang berani (siapkan pre-order) PS5. Nggak tau ya gaes, apakah ini benar atau nggak, tapi kalau kita lihat di sekmen komen si pihak penjual 'PD' banget ngomongnya wkwk...😅 Ya, ini bisa langsung kalian search di tokopedia dengan kata kunci 'Playstation 5'. Nggak langsung keluar di atas, tapi scroll aja terus ke bawah sampai ketemu PS5 nya. Atau bagi yang males untuk cari sendiri klik aja di sini . Kalau pendapat mimin sih nggak semahal itu harganya. Soalnya itu kalau kita balikkan ke dolar(dengan kurs 14rb aja) sudah mencapai US$1000. Yang mana kita tahu rumornya aja hanya US$500 (versi Blu-ray driver - disk fisik), itupun sudah membuat orang-orang khawatir karena masih dianggap sedikit kemahalan. Jadi resminya dari Sony(kalau memang harganya US$500) kemungkinan di Indonesia 7,5jt atau 8jt-an (tergantung kursnya juga). Gimana pendapat kalian para gamers?

[Video] Inilah Perbandingan Grafis PS5 VS PS4

Mungkin jutaan orang tidak menyadari bahwa peningkatan grafis dari PS4 ke PS5 sangatlah signifian. Ya, no joke...masih ada lo yang bilang biasa-biasa saja dan ada juga yang bilang mirip PS4. Ini dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah menonton melalui smartphone. Ini bukan sekedar 'hype' kaleng-kalengan, tappi memang kalau ditonton sekilas saja seperti nggak ada bedanya dengan PS4. Coba deh tonton dulu video di bawah ini, udah dibuatin tuh perbandingannya sama gameranx .     Sebagai tambahan aja, perbandingan khusus GT7 VS GT Sport(PS4)   Kalau masih nggak bisa ngeliat perbedaannya kelewatan dah 😅