Skip to main content

Welcome Playstation 5 (PS5) [Official]

 
Yup, rumor kemarin salah total dan mimin pun dibuat terkejut di akhir event. Rasa penasaran udah ilang khan? Udah liat khan gimana model desain PS5? Gimana? Kalau menurut mimin PS5 tampak futuristik dan berbeda dari sebelum-sebelumnya (coba bandingin sama Xbox Series X). Dan kalau mimin disuruh pilih versi yang mana ya pilih versi yang ada drive-nya. Kalau pilih yang digital entar main game PS4 yang disc fisik gimana donk? Dah diliat dulu aja video di  atas, ada aksesoris-aksesorisnya juga👍😍

Anyway, siapa aja nih yang bela-belain nonton kayak mimin? Menurut mimin 'worth it' banget nonton event PS5, (maaf) mimin bukannya fan boy Sony tapi jujur event PS5 ini jauh lebih baik dari "reveal gameplay"-nya Xbox Series X. hanya dua alasan saja, pertama lebih banyak game baru yang belum pernah terdengar sebelumnya (termasuk lebih banyak eksklusif tentunya) dan lebih mempertontonkan kualitas next-gen. Gini aja deh, mimin tantang kalian liat event Xbox Series X bulan lalu trus liat event PS5👇

 
Oke, mungkin kelamaan liat video di atas. Gimana kalau mimin breakdown game-game apa aja yang menarik dan bahkan wajib dimainkan bagi yang nantinya mau beli PS5.

Game-game Eksklusif PS5 (termasuk yang 'eksklusif sementara'):

Spider-Man: Miles Morales 
Ternyata Spider-man Miles Morales bukan sekuel dari game Spider-Man eksklusif PS4, belum tahu apakah akan rilis bareng peluncuran PS5 tapi yang pasti rilis tahun 2020 ini. [Update: ada kemungkinan rilis bareng PS5 😁]
   
Gran Turismo 7
Game racing satu ini nggak perlu ditanya ataupun diragukan lagi, lihat aja grafisnya yang makin keliatan realistis (kalau bisa lihat di tv 4K ya gaes, lebih kerasa!) - Must Buy!

Project Athia [PS5 Timed Exclusive] Game ini masih dalam proses pembuatan dan dibuat oleh Square Enix. Masih nggak terlalu jelas game-nya tentang apa tapi bisa dilihat sedikit cuplikan gameplay-nya keren abis dan mimin liat ada monster yang kayak gabungan monster di Final Fantasy, yaitu gabungan monster Ahriman dan Malboro. Tanggal rilis masih belum diketahui.

Returnal Game buatan Housemarque, pembuat game Resogun. Third-person shooter sci-fi yang masih belum diketahui tanggal peluncurannya ini terinspirasi dari movie 'Edge of Tomorrow' di mana kalau karakter kalian mati maka akan kembali hidup lagi dan bagaimana untuk memutus rantai pengulangan ini. Interesting.
   
Ratchet & Clank: Rift Apart
Dalam game ini memperlihatkan salah satu kemampuan SSD PS5 di mana perpindahan dari satu dunia ke dunia lain begitu cepat dan 'loading screen' disamarkan dengan begitu halus dan sangat cepat. Grafisnya juga seperti mainin movie animasi buatan Pixar. Belum diketahui tanggal rilisnya.
 
Destruction AllStars
Kalau dilihat sekilas kayak nggak ada istimewanya, tapi dilihat kedua kali..hmm..this game looks fun and darn good! Ini adalah game multiplayer yang gameplaynya seperti Destruction Derby (tabrak-tabrakan mobil buat saling hancurin gt deh) tapi dengan seni grafis mirip-mirip fortnite dan arenanya sekilas seperti game Rocket League. Sekilas kayak nggak nampilin kualitas grafis next-gen tapi coba perhatiin baik-baik pencahayaan, refleksi cahaya di body mobil dan serpihan kaca serta kerusakan mobil yang terlihat realistis. Belum lagi karakternya bisa keluar dari mobil. Rilis tahun 2020 ini gaes mantap juga khan game ini?
   
Sackboy A Big Adventure
Sackboy is back! Bener-bener nggak mau ketinggalan mulai dari PS3 sampai PS5 nggak pernah kelewatan deh. Ini adalah spin-off dari game Little big Planet untuk PS5. Masih belum ada kabar kapan rilisnya.

Oddworld Soulstorm [PS5 Timed Exclusive] Nggak bisa komen terlalu banyak tentang game Oddworld, jujur mimin belum pernah main game ini dan cuma sekedar tau aja. Setelah mimin teliti, game Oddworld terakhir dirilis tahun 2014. Udah 6 tahun berjalan dan...here it is! Game Oddworld terbaru dengan embel-embel Soulstorm. Not bad sih, detail-detailnya juga bagus. Diperkirakan rilis tahun ini, seiring munculnya PS5.

Kena: Bridge Of Spirits [PS5 Timed Exclusive]  Game ini dibuat oleh developer bernama Ember Labs, suatu tim kecil (developer game indie) yang orang-orang berlatar belakang pembuat animasi dan film. Udah deh, ampun sama grafisnya. Halus banget, bener-bener kayak film-film animasi ternama dan game ini bisa jadi game indie terbaik. Tidak diketahui kapan rilis tapi nantinya bakal keluar juga di PC.

Goodbye Volcano High [PS5 Timed Exclusive]  Ini salah satu game yang menurut mimin nggak jelas juga. Udah kartun banget, eh nggak ada penampakan gameplay sama sekali. Playstation seakan pengen banget bilang "hai developer indie game, kami terbuka lebar atas karya-karya game kalian". Well, katanya ni game bisa bikin kita sesenggukan nangis terharu gitu gaes. Pertama kali lihat yang terlintas di kepala adalah "wah ini kayak '13 reasons why' yang ada di Netflix"😅 Rilis masih tahun depan 2021.

Ghostwire: Tokyo [PS5 Timed Exclusive]  Seperti judulnya, game satu ini berkaitan dengan hantu dan sepertinya karakter yang akan kita mainkan adalah pemburu hantu. Pembuat game ini salah satunya adalah Shinji Mikami, merupakan seorang yang penting dan terkenal dalam pembuatan game seri Resident Evil 2, 3 dan 4 serta game The Evil Within. Katanya ghostwire akan memanfaatkan 3D Audio PS5 dengan baik. So, klau tertarik dengan game ini, tungguin aja dengan sabar soalnya masih tahun depan rilisnya dan nantinya bakal masuk PC juga (entah kapan, bisa-bisa 2022 wkwk...itulah yang dinamakan eksklusif sementara waktu.
   
Jett: The Far shore [PS5 Timed Exclusive]
Ini mungkin game eksklusif Playstation yang paling nggak jelas buat mimin, tapi ada elemen yang mirip dengan game No Man's Sky. Jujur dari mimin pribadi kurang tertarik, meh😒...Game ini juga akan muncul di PS4 dan nantinya juga akan ada di PC.

Godfall [PS5 Timed Exclusive]  Kalau gamers sekalian ngikutin berita PS5, game berjudul Godfall ini sudah pasti tidak asing di telinga kalian. Ya, ini adalah game yang pertama kali muncul di youtube dengan tulisan "PS5" disampingnya, yang membuat banyak orang heboh dan penasaran karena saat itu Sony masih bungkam sejuta bahasa tentang Playstation 5. Well not anymore...kalian bisa langsung saksikan gameplay-nya dari video di atas. Banyak yang bilang game ini bakalan seperti game Destiny hanya saja menggunakan pedang alias Melee Combat. Asli keren bosku, semoga aja nggak bosenin ya? Kemungkinan besar game ini rilis tepat di hari peluncuran PS5 itu sendiri, antara bulan Oktober-November 2020. Tunggui aja beritanya.

Demon's Souls Ternyata rumor yang ini bener gaes. Demon's Souls mendapat remake dan eksklusif untuk PS5. Pertama kali muncul di PS3 tahun 2009 dan remake Demon's Souls bener-bener dibangun dari awal dan disesuaikan dengan power PS5. Jadi jangan ditanya kalau masalah grafis. Yang doyan game souls harus main bro.

Solar Ash [PS5 Timed Exclusive]  Lagi-lagi ada game indie yang untuk sementara waktu eksklusif PS5 dan nantinya juga ada di PC. Komennya satu aja: mirip game Journey 😁

Astro's Playroom Setidaknya Pemilik PS4 harus tahu Astro. Game Astro memang dirancang untuk mengeksploitasi stik Playstation, dimulai di PS4. Nah perhatikan video di atas, sudah jelas game ini nanti benar-benar 'show off' dan eksploitasi dari Dualsense. Ada gameplay di mana si astro bot menggunakan payung karena hujan, well...katanya melalui fitur haptic feedback Dualsense kita bisa merasakan hujan. Kita harus cobain sendiri gaes😉 karena game ini sudah ada di dalam SSD PS5 kalian nanti (pre-loaded).

Bugsnax [PS5 Timed Exclusive]  Nah ini lagi, buat kalian yang punya anak masih kecil beli aja game ini ya. Maapin🙏 mimin sudah dewasa dan nggak tertarik game beginian wkwk...tapi di sisi lain ini bagus, karena Playstation terbukti konsol segala umur😀

Deathloop [PS5 Timed Exclusive]  Keren...asli keren game buatan Bethesda satu ini. Seperti yang sudah disampaikan melalui video dan berdasarkan info yang didapat, kalau karakter kalian mati maka kalian akan mengulang lagi sampai bener-bener perputarannya habis. Masih nggak tau gimana detailnya, tapi semoga aja ada semacam 'checkpoint' jadi baliknya nggak terlalu jauh😁 Rilis akhir tahun ini juga!

Little Devil Inside [PS5 Timed Exclusive]  Pertama kali lihat beberapa detik, dalam hati bilang "hadeh grafis kartun lagi"...tapi setelah liat terus, eh grafisnya istimewa juga lo, perhatiin aja deh. Dan ternyata ini game sudah dirancang cukup lama bahkan sempat mau dibuat untuk Wii U. Nah sekarang jadi eksklusif sementara PS5. Masih belum ada kabar kapan dirilisnya.

Horizon Forbidden West Oh my..oh my!! Mbak Aloy hadir Di PS5😍 Ini jelas bukan esklusif sementara gaes! (semoga aja, soalnya HZD pada akhirnya masuk PC😒) Duh, bener-bener istimewa grafis sekuel Horizon Zero Dawn ini. Mimin nggak mau terlalu hype juga, takutnya menjelang mau rilis eh grafisnya downgrade atau apalah dan ya mimin tau banget kalau ini sepertinya bukan video asli gameplay alias CGI atau pre-rendered aja. Tungguin kelanjutannya di gamenyus ya gaes. 

 Berikut game-game third party yang bukan eksklusif PS5:

GTA V dan GTA Online
GTA V Versi PS5 akan hadir di pertengahan kedua 2021 dan GTA Online digratiskan untuk member PS Plus PS5 selama 3 bulan pertama (jadi nggak sepenuhnya gratis ya gaes).

Stray (PS5, PC)

Kita akan main sebagai kucing, ya nggak salah...sebagai kucing gaes. Dari segi grafis bagus banget, solid dan terlihat sudah menerapkan Ray-Tracing. Menarik juga game ini, cuma masih nggak tau seperti apa gameplay-nya. Apakah akan cepat membosankan atau tidak? Tunggu beritanya. 

Pragmata (PS5, Xbox Series X, PC)
Game baru buatan Capcom selain Resident Evil yang akan dirilis 2 tahun mendatang, dan masih sangat misterius seperti apa gamenya. Nikmati aja trailernya.

NBA 2K21
Nope, nggak ada gameplay di sini, tapi ada yang bilang trailer ini menunjukkan betapa tajam dan realistisnya game basket 2K21. Bisa dilihat dari tingkat detail kucuran keringat di wajah Zion Williamson.

Hitman  3 (PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One, PC)
Agent 47 is back! Rilis bulan Januari 2021. Mau komen apalagi coba, grafisnya menawan banget dan keliatan sudah ada Ray-Tracing. Inget, ini trailer diumumkan di event PS5 jadi ya seperti itulah nanti di PS5.

Resident Evil Village (RE8) [PS5, Xbox Series X, PC]
Di beberapa detik pertama, jujur sama sekali nggak tahu kalau ini Resident Evil. Soalnya memang nggak ada zombie dan nuansanya beda banget dengan game RE sebelum-sebelumnya (kecuali RE7). Nah, maka benarlah kalau ini sekuel dari RE7. bakalan ngelawan werewolf juga bro, mantap! Rilis 2021.

Bonus RoundPresentasi Dualsense 
Ternyata nggak seperti paten kemarin yang ada 2 lobang audio (or whatever), hanya satu untuk jack audio 3.5mm seperti Dualshock 4.

Comments

Popular posts from this blog

GodFall - Game Pertama PS5!

OMG! Looks Awesome! Wow! My fellow gamers! Ini dia penampakan game yang bakalan muncul pertama kali buat Playstation 5 (PS5), namanya GodFall - dikembangkan oleh 'Counterplay Games' dan bakalan dipublish sama 'Gearbox' yang bikin game ' Borderlands '. Nah ini game katanya berkategori " Looter Slasher " alias sejenis game Borderlands, Destiny atau Anthem tapi bukan pakai pistol atau senjata api gitu, melainkan pedang. Wuih bakalan seru nggak ya pake pedang ⚔? So, silahken ditonton aja ya, awas ojo [bahasa Indonesia: jangan] ngiler🤤

Harga Playstation 5 (PS5) Di Indonesia Nongol!

Mengejutkan! Tiba-tiba aja ada penjual di Indonesia melalui tokopedia yang berani (siapkan pre-order) PS5. Nggak tau ya gaes, apakah ini benar atau nggak, tapi kalau kita lihat di sekmen komen si pihak penjual 'PD' banget ngomongnya wkwk...😅 Ya, ini bisa langsung kalian search di tokopedia dengan kata kunci 'Playstation 5'. Nggak langsung keluar di atas, tapi scroll aja terus ke bawah sampai ketemu PS5 nya. Atau bagi yang males untuk cari sendiri klik aja di sini . Kalau pendapat mimin sih nggak semahal itu harganya. Soalnya itu kalau kita balikkan ke dolar(dengan kurs 14rb aja) sudah mencapai US$1000. Yang mana kita tahu rumornya aja hanya US$500 (versi Blu-ray driver - disk fisik), itupun sudah membuat orang-orang khawatir karena masih dianggap sedikit kemahalan. Jadi resminya dari Sony(kalau memang harganya US$500) kemungkinan di Indonesia 7,5jt atau 8jt-an (tergantung kursnya juga). Gimana pendapat kalian para gamers?

[Video] Inilah Perbandingan Grafis PS5 VS PS4

Mungkin jutaan orang tidak menyadari bahwa peningkatan grafis dari PS4 ke PS5 sangatlah signifian. Ya, no joke...masih ada lo yang bilang biasa-biasa saja dan ada juga yang bilang mirip PS4. Ini dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah menonton melalui smartphone. Ini bukan sekedar 'hype' kaleng-kalengan, tappi memang kalau ditonton sekilas saja seperti nggak ada bedanya dengan PS4. Coba deh tonton dulu video di bawah ini, udah dibuatin tuh perbandingannya sama gameranx .     Sebagai tambahan aja, perbandingan khusus GT7 VS GT Sport(PS4)   Kalau masih nggak bisa ngeliat perbedaannya kelewatan dah 😅